Awas..!! Harus Tau cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi

Blog Internet Positif

Halo sobat Internet Positif kali ini saya akan mengshare perbedaan antara daging sapi dan daging babi/cheleng/oplosan kepada kalian sobat. Pas bulan Puasa dan mendekati Idul Fitri biasa nya harga daging di pasaran akan meroket tajang karena banyak nya pemesanan dari konsumen. Nah di saat seperti ini sobat banyak loh "OKNUM" pedangang yang tidak bertanggung jawab yang mencampur daging sapi dengan daging babi/chaleng.

Supaya kita bisa saling tahu dan bisa membedakan nya sobat ini dia perbedaan antara daging sapi asli dengan daging babi:

1. Dari segi warna

Terlihat daging babi itu memiliki warna yang lebih pucat ya sobat dari daging sapi (bisa lihat gambar) warna daging babi mendekati warna daging ayam yang berwarna putih kepucatan. 

Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan peganggan juga sobat, karena warna pada daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi loh, walau kamuflase ini dapat dihilangkan dengan perendaman dengan air selama beberapa jam. Selain itu, ada bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya sobat.

2. Dari segi serat

Dari segi serat perbedaan terlihat dengan jelas antara kedua daging ini sobat. Pada sapi, serat-serat daging tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Nah sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging direnggangkan secara bersama ya sobat.
3. Dari penampakkan lemak

Perbedaan terlihat sangat jelas antara kedua daging nya sobat. Pada sapi, serat-serat daging tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging direnggangkan bersama 

4. Dari penampakkan bentuk

Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat dibanding dengan daging babi yang berlembek dan mudah diregangkan Melalui perbedaan ini sebenarnya ketika kita memegangnya pun sudah terasa perbedaan yang nyata antar keduanya sobat karena terasa sekali daging babi sangat kenyal dan mudah di “biyek” kan. Sementara daging sapi terasa solid dan keras sehingga cukup sulit untuk diregangkan inget perbedaan ini ya sobat.

5. Dari segi aroma

Terdapat sedikit perbedaan antara keduanya loh. Daging babi memiliki aroma khas tersendiri, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah kita ketahui. Sayangnya kemampuan membedakan melalui aromanya ini membutuhkan latihan yang berulang-ulang karena memang perbedaannya tidak terlalu signifikan jadi agak sedikit susah bagi kalian yang belum pernah sama sekali mencium bau daging babi.

6. Karakteristik secara Umum

Secara umum karakteristk daging babi ternak dan babi hutan (celeng) mirip satu sama lain, sementara daging babi memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan daging sapi. Namun ketika kedua jenis daging tersebut telah dicampurkan, apalagi setelah dikamuflase dengan darah sapi, keduanya menjadi sangat sulit untuk dibedakan. Penjualan daging babi oplosan merupakan kegiatan yang ilegal, sehingga biasanya daging ini tidak didisplay di meja penjualan. Daging ini biasanya dikeluarkan ketika ada pembeli yang menanyakan, “apakah ada daging murah pak?” sehingga kita pantas menaruh curiga bila ada penjual yang menjual daging dengan harga “miring” kepada kita ya sobat. Sifat yang lain juga adalah lokasi penjualan yang biasanya ditempat yang gelap dan cukup terpisah dari yang lainnya supaya daging tidak menjadi pusat perhatian orang banyak.

Setelah kalian membaca pasti kalian akan lebih berhati-hati lagi ya saat membeli daging Sapi. Terimakasih telah membaca bila artikel ini bermanfaat silahkan kalian share sobat ke teman-teman kalian.

Baca juga : Fakta Ilmiah Kenapa Babi Di Haramkan Untuk di Makan
Artikel Terkait
Terimakasih Sobat telah membaca artikel Blog Postingan Positif di atas tentang :
Dengan Judul: Awas..!! Harus Tau cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi
Rating: 100%
Ditulis Oleh Bang Fadhil
Semoga informasi mengenai Awas..!! Harus Tau cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi bisa memberikan manfaat bagi Sobat. Jangan lupa Komentar Anda dan Share Artikel ini sangat dibutuhkan, di bawah ini.
Comments
0 Comments

Post a Comment